Kembali Bersafari Lagi, Jalan-jalan dan Berkreasi Bersama Sanggar SMART Kulon Progo

Oleh: Taufik Kharisma*

6 Maret 2022 jatuh tepat di hari Minggu. Satu-satunya hari di mana pada penanggalannya selalu berwarna merah. Lain dari hari yang lainnya. Menurut saya, Minggu merupakan hari di mana aktivitas semacam pekerjaan atau sekolah memperoleh jatah libur yang nyaris pasti. Namun, hari Minggu tak lantas mejadi alasan untuk tidak berkegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pendampingan belajar gratis pada adik-adik yang dilakukan oleh salah satu anggota organisasi Kanal Muda. Mereka adalah Sanggar SMART. Kepanjangan dari Sanggar Sinau Masyarakat Terbah. Lokasinya berada di dusun Terbah, Pengasih, Kulon Progo, Darerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan membuat hiasan dinding menggunakan sedotan pada pekan Kreativitas Sanggar SMART (Foto Johan Ferdian JR)
Hari itu juga bertepatan dengan agenda rutin yang dilakukan oleh Kanal Mud bertajuk Kanal Safari. Agenda ini merupakan salah satu program kerja yang diusung oleh Bidang Pengembangan Organisasi di Kanal Muda. Praktiknya, setiap awal bulannya bidang ini selalu mengagendakan kegiatan untuk mengunjugi organisasi yang menjadi anggota Kanal Muda.

Tujuannya, menurut hemat saya, cukup sederhana tapi berkesan. Safari Organisasi ini kita niatkan untuk bersilaturahmi dan menjalin keakraban antaranggota organisasi dan para pengurus Kanal Muda. Selanjutnya, kegiatan ini merupakan ruang untuk saling belajar dan berbagi bersama. Harapannya, ke depan akan selalu ada suatu hal yang dapat dikerjakan atau dikreasikan secara bersama.

Penyelenggaraan Kanal Safari sebelumnya sudah berjarak cukup lama. Terhitung sejak terakhir kali pada 23 Oktober 2021, tepatnya di Karang Taruna Gondosuli, Magelang. Baru kemudian pada minggu 6 maret 2022, kita dipertemukan lagi dalam sebuah agenda yang sama. Kali ini agenda itu dilaksanakan di Sanggar SMART (Sinau Masyarakat Terbah).

Tepat pukul Sembilan pagi, ketika matahari masih belum menunjukkan teriknya yang begitu menyengat, agenda pun dimulai. Pagi itu teman-teman yang terdiri dari berbagai organisasi anggota Kanal Muda telah sampai ke lokasi yang ada di Rumah Ibu Kepala Dusun Terbah. Tercatat di hari itu organisasi anggota Kanal Muda semacam P3S, Atap Senja, FPPD, OPSI, SBS, Sanggar Gunung Pentul, Senthong, Idaman, dan Formasi turut hadir bersilaturahmi bersama. Tentunya berbagai organisasi yang hadir ini dibersamai juga oleh tuan rumah, yaitu adik-adik dan teman-teman yang mendampingi dari Sanggar SMART yang sejak pagi sekali sudah berkumpul.

Tanpa menunggu lama kita pun mulai berinteraksi dan membaur bersama adik-adik untuk memulai agenda Kanal Safari. Kegiatan pertama dibuka dengan berjalan kaki mengelilingi dusun. Adik-adik dan teman-teman begitu antusias dalam menyapa penduduk, menikmati pemandangan, serta bersenda gurau di tengah perjalanan.

Sekembalinya dari perjalanan yang menggembirakan, kita beristirahat sejenak untuk sekadar memulihkan tenaga yang digunakan berjalan cukup jauh. Sembari menikmati hidangan teh, kopi, dan camilan yang disajikan oleh Ibu Dukuh dan teman-teman dari SMART selaku tuan rumah. Namun, ada juga beberapa teman yang asyik berburu buah kedondong di depan rumah Ibu Dukuh yang kebetulan saat itu tengah banyak berbuah.

Dipersenjatai galah yang panjang, teman-teman layaknya seorang pendekar pedang yang telah ahli menggunakan pedangnya. Satu persatu kedondong pun berjatuhan, Beberapa teman mengira, kedondong itu akan langsung berakhir dengan disantap. Namun, ada saja teman-teman yang berinisiatif untuk mengolahnya menjadi lutisan dengan dibumbui cabai dan gula hingga kemudian menjadi santapan bersama yang kaya rasa.

Sembari menikmati hidangan ini, kita kemudian beralih ke agenda lain.  Agenda tersebut adalah waktunya kita berkreasi bersama adik-adik sanggar. Kali ini Sanggar SMART yang dalam praktik belajar mendampingi adik-adik memiliki 4 tema yang dijadikan acuan untuk tiap kegiatan. Tema tersebut adalah hari Eksperimen, Humanis, Kreativitas, dan Bahasa. 

Selepas adik-adik menyelesaikan karyanya dan pulang, tiba saatnya kita saling berbagi dan bercerita atau biasa disebut sharing session. Tak hanya datang untuk mengikuti kegiatan dari organisasi tuan rumah saja, namun Safari ini mampu menjadi ajang saling memberi masukan antar organisasi untuk kemudian bisa saling belajar dari berbagi pengalaman. Teman-teman lagi-lagi terlihat begitu antusias untuk menyimak sharing session yang dilangsungkan.

Sesi dibuka oleh Idha, koordinator dari Bidang Pengembangan Organisasi yang memulai dengan sebuah pertanyaan bagaimana awal terbentuknya SMART dan apa saja kegiatannya. Sesi telah dibuka, dan semua mulai fokus dalam diskusi. Kali ini pertanyaan pembuka mendapat jawaban pembuka dari Supar, Kordinator atau penanggung jawab Sanggar SMART. Supar berkata, “Awal terbentuknya SMART adalah pada pertengahan tahun 2021. SMART digagas oleh Karang Taruna Nirwana dari divisi Pendidikan. Awalnya, kegiatan ini juga terinspirasi oleh Organisasi FPPD Karangsari dengan kegiatan minggu cerianya. SMART sendiri memiliki struktur yang terdiri dari penanggung jawab, bidang media, sekretaris, dan bendahara.”

Teman-teman Kanal Muda mengikuti kegiatan pekan Kreativitas Sanggar SMART (Foto Johan Ferdian Juno R

Teman-teman nampak khidmat menyimak. Supar melanjutkan, “Kegiatan belajar ini awalnya dilangsungkan selama sebulan 4 kali, namun karena sekolah dan TPA yang sudah mulai lagi, maka sekarang kegiatannya jadi diringkas 2 kali dalam sebulan. Kegiatan dilangsungkan mulai pukul 9.00 – 11.00 WIB. Kegiatannya diikuti antara 20 hingga 30 anak dalam rentang usia PAUD sampai kelas 6 SD dengan pengurus yang berjumlah 20 sampai 30 orang.”

Diskusi terus berlanjut dengan seru. Obrolan yang serius diselingi juga dengan canda tawa yang membuat suasananya begitu menyenangkan. Sharing session ini juga membicarakan permasalahan yang terjadi di SMART yang kemudian direspons oleh perwakilan organisasi anggota Kanal Muda yang hadir.

Persoalan seperti semangat anak-anak yang biasanya turun bisa disikapi dengan menggelar kegiatan apresiasi kreativitas yang menampilkan bakat terbaik anak-anak dan orang tuanya yang juga ikut mendukung penyelenggaraan aktivitasnya. Selain itu, komunikasi dengan orang tua anak juga menjadi bagian penting yang harus dilakukan agar orang tua semakin memperhatikan dan peduli pada kecerdasan anak yang beragam tersebut.

Menjelang sore, kegiatan Kanal Safari ditutup dengan foto bersama. Nampak wajah teman-teman SMART dan berbagai perwakilan organisasi anggota Kanal Muda terlihat begitu sumringah. Rasanya seperti mendapatkan lagi energi dan semangat baru. Kanal Safari sekali lagi penting dalam menyambung silaturrahmi dengan cara yang asik. Sebagaimana makna penting silaturrahmi itu sendiri. Memperpanjang umur, merekatkan kebersamaan, dan yang terpenting menegaskan kembali bahwa kita tidak sendirian.

Sampai jumpa di Kanal Safari berikutnya!

*Penulis adalah Ketua FPPD dan Sekretaris Umum Kanal Muda

Pos Berikutnya Pos Sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url